Pages

Thursday, April 19, 2012

Pemanfaatan Eceng Gondok pada Kursi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Banyak orang mengenal tanaman enceng gondok atau dalam bahasa latinnya biasa bernama Eichhornia crassipes, merupakan gulma bagi tanaman di sawah. Selain sebagai gulma dalam jumlah yang besar enceng gondok akan mengakibatkan pendangkalan pada perairan seperti danau dan kolam. Tetapi dibalik semua itu banyak peluang usaha yang bisa dihasilkan dari bisnis kerajinan enceng gondok.Enceng gondok merupakan serat alam yang ramah lingkungan sehingga aman untuk bahan kerajinan dan menjadi trend bisnis kedepan.  Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. Akhir-akhir ini perkembangan tumbuhan air enceng gondok di perairan sungai, danau, hingga ke perairan payau sangat pesat. Sekilas tanaman enceng gondok tidak berguna. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, enceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai dan dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena enceng gondok terlalu banyak.
bisa kita dapatkan di berbagai toko kerajinan atau supermarket. Dari Kerajinan berupa  sandal enceng gondok, tas, dompet serta pernik-pernik perhiasan enceng gondok sampai furniturepun dapat dibuat dari enceng gondok. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kerajinan tersebut berasal dari tanaman gulma enceng gondok. Tapi apakah mungkin jika tanaman enceng gondok dirubah menjadi kursi yang indah dan benilai jual tinggi ? untuk itu karya tulis ini dibuat.

1.2.       Rumusan Masalah
a.       Bagaimana cara memanfaatkan enceng gondok sebagai bahan pembuat kursi ?
b.      Bagian apa sajakah yang dimanfaatkan dari enceng gondok sebagai bahan pembuat kursi ?
c.       Apa saja keuntungan dari enceng gondok sebagai pembuat kursi ?

1.3.       Tujuan Penulisan
a.       Mendeskripsikan memanfaatkan enceng gondok sebagai bahan pembuat kursi.
b.      Mendeskripsikan bagian apa saja yang dimanfaatkan dari enceng gondok sebagai bahan pembuat kursi.
c.       Menjelaskan keuntungan dari enceng gondok sebagai pembuat kursi.

1.4.       Manfaat Penulisan
a.       Dapat mengetahui manfaat enceng gondok.
b.      Dapat mengetahui bagian yang dimanfaatkan dari enceng gondok dalam pembuatan kursi.
c.       Mengetahui keuntungan dari enceng gondok sebagai pembuat kursi.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1.    Cara Memanfaatkan Enceng Gondok sebagai Bahan Pembuat Kursi
Aneka kerajinan dari bahan Eceng Gondok bisa kita dapatkan di berbagai toko kerajinan atau supermarket. Dari Kerajinan berupa sandal enceng gondok, tas, dompet serta pernik-pernik perhiasan enceng gondok sampai furniturepun dapat dibuat dari enceng gondok. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kerajinan tersebut berasal dari tanaman gulma enceng gondok. Berikut tahapan cara pembuatan kursi berbahan enceng gondok dan rotan.

1.Bahan:
-          Enceng gondok disambung menjadi seperti tali memanjang , keringkan dengan sinar matahari selama 3 hari.
-            Rotan & Kayu.


2. Tahap Anyaman, Rangka dan Finishing
-      Anyam enceng gondok sesuai desain yg diinginkan.
-      Anyam rotan sesuai desain yg diinginkan.
-      Bahan rotan yg sudah dianyam di oven dengan panas 100 C untuk menghilangkan serabut .
-      Setelah di oven haluskan dengan amplas sampai halus .
-      Untuk bagian sanadaran yg berlekuk pembengkokan dilakukan dengan bantuan pemansan kompor elpiji .
-      Setelah itu potong kayu kamper dan lilit bagian tangan dan kaki kursi dengan rotan , pada dudukan tempatkan anyaman rotan , sedangkan pada sandaran tempatkan anyakamn dari bahan enceng gondok
-      Lakukan pengecatan dengan kompresoran dan spray gun.
-      Setelah kering lakukan pengecatan sebanyak 7 kali dibagian rangka , sedangkan dibagian dudukan dan sandaran gunakan pengecatan dengan kompresor dan spray gun.
Pemanfaatan enceng gondok tidak hanya sebatas itu saja tetapi Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) bahkan akan bekerja sama dengan Baraka Group (perwakilan pebisnis Timur Tengah) untuk membangun pabrik kerajinan eceng gondok (Water Hyacinth) di Mesir. Itu membuktikan bahwa kerajinan dari enceng gondok bisa di bilang maju.

2.2.    Bagian yang Dimanfaatkan dari Enceng Gondok dalam Pembuatan Kursi
Dalam pemanfaatan enceng gondok sebagai bahan pembuatan kursi, tidak semua bagiannya digunakan tetapi hanya bagian tertentu saja. Bagian yang dimanfaatkan dari enceng gondok untuk bahan pembuatan kursi adalah bagian batangnya saja karena bagian batang memiliki lapisan kulit yang terdiri dari serat-serat yang tebal dan kuat sehingga tidak mudah putus.

2.3.    Keuntungan dari Enceng Gondok sebagai Bahan Pembuatan Kursi
Peluang usaha kerajinan enceng gondok semakin menemukan tempatnya, seiring dengan pengembangan kerja sama industri kerajinan dan mebel berbasis bahan baku eceng gondok antara Indonesia dengan Pemerintah Mesir. Dengan kerjasama ini diharapkan mampu memberi manfaat bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kedua belah pihak. Selain itu dalam kerjasama ini Indonesia di dukung oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) serta Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo). Dengan dukungan dari dua lembaga tersebut diharapkan posisi tawar Pengrajin Kerajinan Enceng Gondok yang termasuk dalam Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) lebih kuat.
Pengembangan bisnis kerajinan enceng gondok selain ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama kelompok Bisnis Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) juga bermanfaat dalam mendukung lingkungan hidup daerah sekitar. Sebab, Tanaman eceng gondok selama ini masih dianggap sebagai tanaman yang merugikan, karena dapat menyebabkan terjadinya pendangkalan perairan, menurunnya populasi ikan, penyumbatan irigasi, penyebab terjadinya banjir, dan tempat bersarangnya nyamuk.
Produk kerajinan enceng gondok dalam menghasilkan berbagai bentuk kerajinan mampu menghantar produknya ke pasar Amerika Serikat, Belgia dan Australia. Peluang usaha anyaman dari bahan Enceng gondok untuk product Sofa model Minimalis masih sangat jarang. Enceng gondok yang banyak dianggap sebagai tanaman musuh masyarakat karena menimbulkan masalah lingkungan. Terutama menggangu aliran air . Namun justru tanaman ini mempunyai potensi yang luar biasa . Produk yang menarik adalah sofa berbahan anyaman enceng gondok . Satu set sofa tamu yang terdiri satu sofa besar , dua buah sofa kecil dan satu meja berkisar Rp 4.2 jt – Rp. 7.5 juta usaha yang sangat menguntungkan.

BAB III
PENUTUP
3.1.  Simpulan
Banyaknya potensi alam tanaman di Indonesia dan berbagai manfaat serta keguanaanya masing-masing. Begitu juga dengan tanaman enceng gondok yang tadinya dianggap mengganggu dan merusak pemandangan justru bernilai ekonomi yang cukup menjanjikan membuat terutama dalam sentra kerajinan enceng gondok yang sudah mulai ada dibeberapa tempat. Hanya perlu lebih diintensifkan lagi agar meningkatkan ekonomi bisnis usaha kecil dan rumah tangga. Dari tumbuhan sampah bisa menjadi rupiah.

3.2. Saran
Jika anda tertarik menekuni bisnis kerajinan enceng gondok, prosesnya tidak susah. Proses membuat kerajinan enceng gondok, Pertama, eceng gondok yang baru diambil dari sungai dijemur hingga kering. Kemudian batang eceng gondok yang telah kering dibentuk lembaran-lembaran kecil. Lembaran batang eceng gondok yang telah mengering inilah yang nantinya dianyam dan dibentuk menjadi kerajinan sesuai yang dikehendaki. Teruslah berusaha agar apa yang ada di bumi ini selalu bermanfaat.


DAFTAR PUSTAKA

http://galeriukm.web.id/unit-usaha/handicraft/bisnis-kerajinan-enceng-gondok
http://visijobs.com/beta/news/detail/2010/01/18/Kerajinan-Eceng-Gondok-di-Mesir
http://wartanasional.com/welcome/pageBop/BO0062
http://idepeluangusaha.com/usaha-enceng-gondok-untuk-anyaman-sofa-minimalis/
http://web.bisnis.com/sektor-riil/ritel-ukm/1id185508.html 
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/07/14/11040175/manfaatkan.potensi.tersembunyi.eceng.gondok
http://bantulbiz.com/id/berita_baca/idb-106.html
http://www.nasiragun.com/2009/08/mengolah-tumbuhan-sampah-menjadi-rupiah/
http://www.indosiar.com/ragam/66678/kerajinan-eceng-gondok-bernilai-ekonomi-tinggi
shareshareshareshare



1 comment:

  1. VIDEO ABG AMOY SANGE BUGIL, LANGSUNG AJA GAN KLIK LINK INI UNTUK LIHAT VIDEONYA

    Https://needasia.com

    ReplyDelete